Hutt River, borok separatis Australia


Sedikit sekali Negara Supermini yang  diakui oleh negara-negara yang lebih besar bahwa mereka “memisahkan diri” dari negara induknya, dengan pengecualian dari Australia ‘s Hutt River Propinsi.  Sejarahnya tahun 1970, ketika Leonard Casley, seorang petani dari luar kota Perth, berselisih dengan pejabat pemerintah atas kouta gandum. Karena tidak ada kompromi wajar yang dicapai, Casley mengambil celah dalam hukum Inggris dan menyatakan bahwa ia dan 75 kilometer persegi properti miliknya telah memisahkan diri dari negara bagian Australia Barat.

Sebuah  kesalahan dan kelambanan pemerintahan Australia dalam menanggapi klaim Casley, mengakibatkan Casley menerima sejumlah legitimasi luar biasa, dan ketika ia diancam akan dituntut ia hanya menyatakan dirinya sebagai “Yang Mulia, Pangeran Leonard dari Hutt,” dalam rangka mengambil keuntungan dari hukum kuno yang membuat raja kebal terhadap penangkapan.

Sejak saat itu, Provinsi Sungai Hutt, atau Kerajaan Hutt River, seperti yang sekarang dikenal, telah ada dalam wilayah abu-abu hukum.  Penduduk tidak dikenakan pajak Australia, tetapi pemerintah masih tidak pernah secara resmi mengakui Negara Supermini ini sebagai entitas yang berdaulat. Setelah kemerdekaan Hutt River diperoleh secara de facto, Leonard segera menyusun rancangan undang-undang, bendera dan mata uang yang disebut Dollar Sungai Hutt.

Hingga hari ini Kerajaan  dan Hutt River bahkan menjadi semacam tujuan wisata di mana pengunjung dapat membeli koin Hutt River dan mendapatkan gambar yang diambil dengan Pangeran.

dikutip dari: Dream Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s