7 Penemuan Terbesar di Dunia


1. Api

Konon, menurut penelitian kalau manusia purba menemukan api secara gak sengaja waktu petir menyambar pohon-pohon di lingkungan koloni mereka. Nah, sejak Api ditemukan peradaban manusia makin maju dengan ditemukannya system memasak, berburu modern dan berakhir pada penerangan.

2. Bahasa

Secara tidak langsung, dengan ditemukannya barang canggih si Mr. Api ini menciptakan gaya hidup yang berkumpul karena manusia purba takut gelap dan selalu ngedeketin sumber api. Hal ini ngedorong terciptanya system komunikasi yang kita kenal dengan bahasa. Disinilah awalnya peradaban manusia juga maju pesat sampai komunikasi nyebar ke semua daratan bumi.

3. Roda

Lahirnya komunikasi, jarak bakal jadi masalah waktu manusia pengen ketemu dengan lawan komunikasinya. Hutan dan kondisi darat yang buruk menjadi penghalang sebelum akhirnyua sebuah benda bundar dengan poros tengah ditemukan. Sebut saja roda. Dari roda, peradaban manusia berkembang lagi dengan terciptanya kereta, kendaraan pertama yang ditemukan oleh manusia.

4. Mesiu

Yang namanya perang udah ada sejak zaman manusia purba. Sebelum ditemukan mesiu, perang terjadi secara dekat dan memakai tombak dan panah. Mesiu jadi penemuan paling besar dalam peradaban manusia karena menghasilkan ide-ide untuk nyiptain senjata perang yang jaraknya jauh banget, seperti senapan aid dan meriam. Bubuk mesiu ditemukan sama ahli alkimia Cina di abad ke-9 waktu lagi mencoba membuat ramuan kehidupan abadi, tapi semoga aja perang bukan hal yang abadi di dunia ini.

5. Uang

Manusia adalah makhluk social, bahkan sejak manusia pertama diciptakan, mereka saling membutuhkan satu sama lain. Untuk survive, zaman dulu manusia pake system barter. Karena ada masalah keadilan, akhirnya manusia menemukan uang sebagai alat tukar. Zaman dulu, tanpa ditemukan system uang, kita harus bawa seekor kuda dari Indonesia untuk ditukarkan dengan TV di China.

6. Listrik

Listrik ada di alam sejak awal diciptain bumi, tapi beberapa tokoh meneliti dan sangat berjasa sama dunia pelistrikan. Salah satunya Michael Faraday, seorang ilmuwan autodidak asal Inggris. Michael Faraday yang menemukan motor listrik pertama pada tahun 1821, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda yang bergerak. Walaupun primitive, penemuan faraday ini merupakan “nenek moyang” dari semua motor listrik yang digunakan di dunia ini. Hasil penemuannya dianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan.

7. Telekomunikasi

Dengan ditemukannya listrik, ditemukan juga sebuah penemuam yang mengubah wajah dunia dan meminimalisir kesulitan berkomunikasi jarak jauh hingga mendekati nol. Antonio Santi Giuseppe Meucci, adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan social yaitu telepon. Selama ini, Alexander Graham Bell dikenal sebagai bapak telepon, tapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s