50 Rabbi Yahudi Paling Berpengaruh di Amerika


Pada musim gugur 2006, Ketua dan CEO Sony Pictures, Michael Lynton, serta temannya Gary Ginsberg, sekarang seorang wakil presiden eksekutif dari Time Warner Inc, mulai mengurutkan sebuah daftar 50 rabbi Yahudi yang paling berpengaruh di AS.

Rekan-rekan mereka ikut merancang dan memberikan masukan kriteria untuk menentukan peringkat para rabbi ini: Apakah mereka dikenal secara nasional / internasional? (20 poin). Apakah mereka memiliki pengaruh politik / sosial? (20 poin). Apakah mereka memiliki keberadaan media? (10 poin). Apakah mereka pemimpin dalam masyarakat mereka? (Poin 10). Apakah. Mereka dianggap pemimpin dalam Yudaisme atau gerakan mereka? (10 poin.) Berapa besar konstituen mereka? (10 poin). Apakah mereka membuat dampak pada Yudaisme dalam karir mereka? (10 poin). Apakah mereka membuat dampak yang lebih besar di luar komunitas Yahudi dan rabinis mereka? (10 poin).

NEWSWEEK merilis daftar pertama sekitar Paskah 2007, dengan sebuah pertanyaan: “Apakah daftar itu subyektif? Ya. Apakah betul dalam konsepsinya? Jelas.” Sekarang, di tahun keempat, daftar Lynton dan Ginsberg yang memuat delapan nama baru dan seorang rabi baru di posisi teratas.

1. Yehuda Krinsky—pemimpin gerakan Chabad-Lubavitch, Krinsky adalah bentuk kontemporer dari cabang Hasid. (2009 berada di peringkat No 4)

2. Eric Yoffie—Yoffie mewakili 1.500.000 orang Yahudi di lebih dari 900 rumah ibadat dalam perannya sebagai presiden Uni Reformasi Yudaisme. (2009 berada di peringkat No 8)

3. Marvin Hier—Pendiri Simon Wiesenthal Center di Los Angeles. Hier bekerja tak kenal lelah dalam memerangi anti-Semitisme. Hier mempunyai banyak koneksi dengan para pemimpin dunia, politisi, dan petinggi industri hiburan. Dan itu memberinya sebuah platform internasional yang bisa mempengaruhi orang-orang Yahudi. (2009 berada di peringkat No 2)

4. Mark Charendoff—Seorang yang terkemuka dalam filantropi Yahudi. Charendoff menjabat sebagai Presiden Jaringan Funders Yahudi, sebuah organisasi internasional keluarga, filantropi masyarakat, dan penyandang dana individu. (2009 berada di peringkat No 3)

5. David Saperstein—Ia baru saja pesiun sebagai rabi yang melayani Obama di Gedung Putih. Saperstein mempunyai pengaruh besar di Washington dalam perannya sebagai direktur Agama Pusat Aksi Reformasi Yudaisme. (2009 berada di peringkat No 1)

6. Schmuley Boteach—memanggil dirinya sendiri sebagai “Rabi Amerika.” Boteach aktif dalam berbagi pandangannya tentang perkawinan, pengasuhan, dan hubungan dengan dunia, tampil di The Oprah Winfrey Show. Ia juga aktif sebagai konselor berbagai selebriti pada saat mereka krisis dan baru saja merilis bukunya yang terbaru, “The Tapes Michael Jackson.” (2009 berada di peringkat No 7)

7. Irwin Kula—Kula, penulis buku terlaris yang menjabat sebagai co-presiden CLAL (the National Jewish Center for Learning and Leadership). Ia dikenal secara nasional untuk komitmennya dalam membentuk kembali lanskap spiritual Amerika. (2009 berada di peringkat No 10)

8. David Ellenson—sebagai presiden Ibrani Union College-Institut Agama Yahudi yang mengembangkan, ia melatih dan mendukung para pemimpin Yahudi. (2009 berada di peringkat No 5)

9. Robert Wexler—Wexler terus mempengaruhi generasi muda Yahudi lewat American University Yahudi. (2009 berada di peringkat No 6)

10. Morris Allen—direktur program Magen Tzedek. Allen mengubah cara pandang dunia tentang kashrut dan isu-isu etis sekitarnya. (BARU)

11. Uri D. Herscher—Herscher adalah pendiri, Presiden dan CEO Skirball Cultural Center di Los Angeles. (2009 berada di peringkat No 9)

12. Norman Lamm—Lamm merupakan kanselir dari Yeshiva University di New York City. (2009 berada di peringkat No 14)

13. David Wolpe—dianggap sebagai rabi mimbar No 1 di Amerika dan seorang pemimpin utama gerakan Konservatif. Wolpe adalah rabi Temple Sinai di Los Angeles. (2009 berada di peringkat No 11)

14. Yehuda Berg—dikenal sebagai otoritas terkemuka di dunia pada gerakan Kabbalah. (2009 berada di peringkat No 13)

15. Joesph Telushkin—Telushkin adalah penulis dan pembicara terkenal di dunia. (2009 berada di peringkat No 15)

16. Menachem Genack—Dalam perannya sebagai CEO dari Uni Ortodoks Divisi Kosher, Genack terus diawasi dan dijaga ketat kaena serangkaian skandal baru-baru ini. (2009 berada di peringkat No 17)

17. Ellen Weinberg Dreyfus—Sebagai presiden CCAR (Central Conference of American Rabbis), Dreyfus merupakan rabi dari hampir 2.000 Reformasi Yahudi. (2009 berada di peringkat No 18)

18. Avi Weis—mengepalai Institut Ibrani Riverdale NY. Weiss baru-baru ini menyebabkan kegemparan di masyarakat Ortodoks dengan keputusan yang kontroversial (2009 berada di peringkat No 38)

19. Jeffrey Wohlberg—Wohlberg adalah presiden Rabbinical Assembly, asosiasi internasional rabi Konservatif. (2009 berada di peringkat No 19)

20. Steve Gutow—Gutow adalah presiden dan CEO Jewish Council for Public Affairs, mengoordinasi hubungan masyarakat dan komunitas Yahudi Amerika. (2009 berada di peringkat No 20)

21. Yehiel Eckstein—Sebagai pendiri dan presiden Internasional Persekutuan Kristen dan Yahudi. Eckstein diakui sebagai otoritas Yahudi terkemuka di dunia oleh Kristen evangelis. (BARU)

22. J. Rolando Matalon—rabi senior untuk Kongregasi B’nai Jeshurun di New York City. Matalon memimpin jemaat lebih dari 1.800 keluarga. (2009 berada di peringkat No 16)

23. Dan Ehrenkrantz—Dalam perannya sebagai presiden dari perguruan rabbi rekonstruksionis, Ehrenkrantz diakui sebagai ahli terkemuka dalam isu-isu yang berkaitan dengan gerakan rekonstruksionis dan sejarah Yahudi Amerika.

24. Haskel Lookstein—Lookstein adalah kepala dari Sekolah Ramaz New York dan rabbi di Kongregasi Kehilath Jeshurun. (2009 berada di peringkat No 22)

25. Sharon Kleinbaum—Kleinbaum adalah rabi senior dari Kongregasi Beth Simchat Taurat, sinagoga terbesar di dunia untuk lesbian, gay, biseksual, dan transgendered Yahudi. (2009 berada di peringkat No 25)

26. Jack Moline—Moline, pemimpin spiritual Gauds Achim Kongregasi di Alexandria, Va., juga direktur Majelis kaum awam tentang Rabbinical terbaru kebijakan publik. (BARU)

27. Steven Wernick—baru saja diangkat menjadi wakil presiden eksekutif dan CEO United Synagogue dari Konservatif Yudaisme. (BARU)

28. Art Green—dekan Ibrani College kaum awam tentang Sekolah Rabbinical, diakui secara internasional sebagai otoritas pada pemikiran Yahudi dan spiritualitas. (2009 berada di peringkat No 27)

29. Peter J. Rubinstein—rabi senior di New York’s Central Synagogue. Rubinstein memimpin jemaat lebih dari 1.700 keluarga. (2009 berada di peringkat No 12)

30. M. Bruce Lustig—rabi senior untuk rumah ibadat terbesar Washington, Kongregasi Ibrani Washington. Lustig memimpin jemaat lebih dari 3.000 anggota. (2009 berada di peringkat No 26)

31. Sharon Brous—pendiri komunitas spiritual progresif Los Angeles, IKAR. Brous dipuji untuk kepemimpinannya dan dampaknya dalam masyarakat Yahudi. (2009 berada di peringkat No 31)

32. Michael Siegel—Selain menjabat sebagai rabbi senior di jemaat Emet AnsheChicago Siegel juga dikenal sebagai co-chairman Heksher Tzedek. (BARU)

33. Abraham Cooper—Sebagai dekan dari Simon Weisenthal Center dan Museum Toleransi, Cooper secara internasional dikenal sebagai aktivis hak asasi manusia dan Yahudi. (2009 berada di peringkat No 29)

34. Arthur Schneier—Dikenal sebagai rabi pertama yang menjadi tuan rumah Paus di Taman Timur di New York Synagogue, Schneier juga merupakan pendiri dan presiden Banding dari Yayasan Hati Nurani. (2009 berada di peringkat No 36)

35.Ephraim Buchwald—Buchwald adalah pendiri National Jewish Outreach Program, yang bertujuan untuk menangani masalah-masalah perkawinan dan asimilasi Yahudi. (2009 berada di peringkat No 35)

36. Hurwitz Sara—menjadi perhatian nasional ketika Rabi Avi Weiss (No. 18) menyebutnya sebagai “Rabba.” Dia dianggap sebagai rabi Ortodoks wanita pertama di Amerika Serikat, dan dalam hal ini memiliki dampak pada peran perempuan. (BARU)

37. Kerry M. Olitzky—Sebagai Direktur Eksekutif Institut Outreach Yahudi, Olitzky adalah salah satu pendukung rabbi yang terkemuka untuk menjangkau antaragama dan keluarga yang tidak terafiliasi di Amerika. (2009 berada di peringkat No 34)

38. Bradley Shavit Artson—Artson adalah dekan Sekolah Ziegler dari rabinis Studi di Universitas Yahudi Amerika. (2009 berada di peringkat No 40)

39. Naomi Levy—dianggap pemimpin dalam gerakan Konservatif, Levy adalah seorang pembicara dan penulis yang diakui secara nasional serta pendiri dan pemimpin Nashuva yang berbasis di Los Angeles. (2009 berada di peringkat No 39)

40. Harold Schulweis—Selain menjadi dianggap sebagai salah satu tokoh terkemuka dari gerakan Konservatif, Schulweis secara internasional dikenal karena mendirikan Yahudi World Watch. (2009 berada di peringkat No 21)

41. Marc Schneier—Schneier adalah presiden dan pendiri Foundation for Ethnic Understanding, yang berusaha untuk memperkuat hubungan antara komunitas etnis di Amerika Serikat. (2009 berada di peringkat No 33)

42. Zalman Schacter-Shalomi—Schacter-Shalomi dikenal sebagai pendiri gerakan Pembaharuan Yahudi di Amerika. (2009 berada di peringkat Nomor 45)

43. Elliot Dorff—Sebagai ketua Majelis kaum awam tentang Rabbinical dari Komite Hukum dan Standar Yahudi . Dorff menjabat sebagai pemimpin badan legislatif atas Yudaisme Konservatif. (2009 berada di peringkat No 41)

44.Bradley Hirschfield—dikenal secara nasional untuk urusan dialog antaragama dan pluralisme, Hirschfield adalah co-presiden CLAL. (2009 berada di peringkat No 42)

45. Steven Leder—Selain menjabat sebagai Senior Rabbi pada Los Angeles Wilshire Boulevard Temple, Leder juga merupakan penulis buku laris. (Kembali dari 2008)

46. Ed Feinstein—penulis dan pembicara, Feinstein adalah rabi senior di Valley Beth Shalom di Encino, California (2009 berada di peringkat No 44)

47. David Stern—Sebagai rabi senior di Temple Emanu-El di Dallas, Stern memimpin jemaat terbesar di Southwest. (2009 berada di peringkat No 30)

48.Michael Paley—direktur Pusat Yahudi dari Federasi UJA-New York. (2009 berada di peringkat No 50)

49. Jill Jacobs—Seorang pakar terkemuka dalam masalah-masalah sosial-keadilan Yahudi, Jacobs aktif di Dana Yahudi untuk Keadilan. (2009 berada di peringkat No 48)

50. Mark Dratch—Sebagai pendiri JSafe (Lembaga Yahudi Pendukung sebuah Penyalahgunaan Lingkungan Bebas), Dratch adalah pembicara yang diakui secara nasional dan konsultan dalam hal kekerasan dalam rumah tangga, penganiayaan anak, dan penyalahgunaan profesional dalam komunitas Yahudi.

sumber: Eramuslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s