10 Keluarga yang Mempengaruhi Sejarah


Sebetulnya ada banyak pribadi yang sangat berpengaruh dalam sejarah manusia namun tidak termasuk dalam kajian fakta unik ini. Namun walaupun tidak masuk, tidak berarti mengurangi pengaruh pribadi-pribadi tersebut. Kriteria yang digunakan disini adalah besarnya pengaruh dan jumlah anggota keluarga yang berpengaruh. Jika ada pengelompokan secara pribadi maka susunan ini merupakan pengecualian

1. Rothschild Family
Keluarga Rothschild, sering disebut hanya sebagai Rothschilds, adalah dinasti perbankan internasional dan keuangan Yahudi asal Jerman yang didirikan dan beroperasi di seluruh Eropa, oleh pemerintah Austria dan Inggris. Peningkatan keluarga untuk terkenal di dunia internasional dimulai dengan Amschel Mayer Rothschild 1744-1812, dengan cara tetap mengontrol bisnis mereka di tangan keluarga, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan diskresi penuh tentang ukuran kekayaan mereka dan prestasi bisnis mereka.

Rothschild

2. Plantagenets
House of Plantagenet adalah fakta unik  kerajaan yang didirikan oleh Henry II dari Inggris, anak dari Geoffrey V dari Anjou. Plantagenet raja pertama memerintah Kerajaan Inggris pada abad ke-12. Secara total, penguasa Plantagenet lima belas, termasuk cabang kadet, memerintah Inggris dari 1154 sampai 1485. Sebuah kebudayaan Inggris khas dan seni muncul selama era Plantagenet, didorong oleh beberapa penguasa yang pelindung dari “bapak puisi Inggris”; Geoffrey Chaucer.

Plantagenets:

Gaya arsitektur Gothic yang populer sampai sekarang seperti Westminster Abbey dan York Minster dimodifikasi dalam gaya itu. Ada juga perkembangan yang berlangsung di sektor sosial, seperti John I dari Inggris menandatangani Magna Carta. Ini berpengaruh dalam pengembangan hukum umum dan hukum konstitusional. lembaga politik seperti Parlemen Inggris dan Model Parlemen berasal dari periode Plantagenet, seperti halnya lembaga-lembaga pendidikan termasuk Universitas Cambridge dan Oxford.

3. Nehru-Gandhi family

Keluarga Nehru-Feroz Gandhi adalah sebuah keluarga politik India yang dominan di Kongres Nasional India dan sebagian besar sejarah awal independen India. Tiga anggota keluarga yaitu Pandit Jawaharlal Nehru, Indira Gandhi putrinya dan putranya Rajiv Gandhi telah menjadi Perdana Menteri India, dua di antaranya Indira dan Rajiv Gandhi telah dibunuh. Seorang anggota keempat keluarga, Sonia Gandhi, menjadi Presiden Kongres, sementara putra Rajiv, Rahul Gandhi, adalah anggota termuda dari keluarga untuk masuk politik aktif ketika dia diperdebatkan dan memenangkan kursi di majelis rendah Parlemen India pada tahun 2004. The Nehru-Gandhi adalah contoh yang paling menonjol dari tradisi dinasti kepemimpinan di negara-negara demokratis Asia.

Keluarga Nehru-Gandhi

4. Khan Family
Genghis Khan adalah pendiri Khan (penguasa) dan Khagan (kaisar) Kekaisaran Mongol, kerajaan berbatasan terbesar dalam sejarah. Dia datang ke kekuasaan dengan menyatukan banyak suku nomaden timur laut Asia. Setelah mendirikan Kekaisaran Mongol dan yang menyatakan “Genghis Khan“, dia memulai invasi Mongol dan serangan dari Kekhanan Kara-Khitan, Kaukasus, Khwarezmid Kekaisaran, Xia Barat hingga dinasti Jin. Selama hidupnya, Kekaisaran Mongol akhirnya menempati sebagian besar Asia Tengah.

Sebelum Genghis Khan meninggal, ia menugaskan Ogadai Khan sebagai penggantinya dan membagi kerajaannya diantara anak dan cucunya. Dia meninggal pada 1227 setelah mengalahkan Tanguts. Dia dimakamkan di sebuah makam tak bertanda di suatu tempat di Mongolia pada lokasi yang tidak diketahui. Keturunannya melanjutkan untuk memperluas Kekaisaran Mongol di sebagian besar Eurasia dengan menaklukkan dan menciptakan negara pengikut dari seluruh Cina modern, Korea, Kaukasus, negara-negara Asia Tengah, dan sebagian besar Eropa Timur modern dan Timur Tengah.

5. Claudia and Julius Families
Kedua keluarga digabungkan sebagai keluarga yang paling penting Romawi Kuno dan akhirnya bergabung bersama untuk membentuk Dinasti Julio-Claudian yang memberikan kaisar paling terkenal: Caligula, Augustus, Claudius, Tiberius, dan Nero. Kelima kaisar memerintah Kekaisaran Romawi dari 27 SM sampai 68 Masehi, ketika sampai titik terakhir kekuasaan, Nero bunuh diri. Kelima penguasa terhubung melalui perkimpoian dan adopsi ke gen-gen keluarga Julio dan Claudia.
Julius Caesar tidak tepat sebagai pendiri melainkan Augustus lebih diterima secara luas. Selalu memperluas wilayah Kekaisaran Romawi dan memprakarsai proyek-proyek pembangunan besar-besaran. Mereka umumnya dicintai oleh rakyat biasa, tetapi dibenci oleh kelas senator. Sentimen yang tercermin oleh sejarawan kuno menggambarkan Julio-Claudians sebagai aggrandizing, gila, aneh dan tirani seksual.

6. Zhu Family
“Zhu” adalah nama keluarga kaisar dari Dinasti Ming. Kaisar Ming pertama, Hongwu Zhu Yuanzhang memilih untuk menggunakan nama Ming untuk nama dinasti. Ming berarti “Brilliant”. Dinasti Ming adalah dinasti yang memerintah di Cina 1368-1644, setelah runtuhnya Mongol yang dipimpin Dinasti Yuan. Ming adalah dinasti, “salah satu era pemerintahan terbesar tertib dan stabilitas sosial dalam sejarah manusia,” terakhir di Cina yang diperintah oleh etnis Hans. Meskipun ibukota Beijing jatuh pada tahun 1644 dengan pemberontakan yang dipimpin oleh Li Zicheng, tetapi segera digantikan oleh Dinasti Qing Manchu keluarga yang memimpin kekaisaran terakhir Cina, rezim setia kepada tahta Ming yang bertahan sampai 1662. Dinasti Ming sering dianggap sebagai titik yang tinggi dalam peradaban dinasti Cina di mana tanda-tanda awal kapitalisme muncul.

7. Habsburgs
House of Habsburg adalah sebuah rumah bangsawan penting dari Eropa dan dikenal sebagai leluhur resmi Kaisar Romawi Suci antara 1452 dan 1740, serta penguasa Spanyol dan Kekaisaran Austria. Awalnya dari Swiss, dinasti pertama memerintah di Austria, mereka memerintah selama lebih dari enam abad, namun serangkaian dinasti membawa pernikahan Burgundi, Spanyol, Bohemia, Hungaria dan wilayah lainnya. Dinasti ini dinamai Kastil Habsburg di Kanton Aargau Swiss. Motto Dinasti adalah ” Let others wage wars, but you, happyAustria, shall marry “, yang menunjukkan bakat dari Habsburg untuk memiliki anggota, mereka kimpoi ke keluarga kerajaan lain, untuk membuat aliansi dan mewarisi wilayah. Ratu Maria Theresa diakui cukup penting dan kadang-kadang disebut sebagai ‘ Nenek Besar dari Eropa’.

8. Ptolemy Family
Dinasti Ptolemeus adalah keluarga kerajaan Helenistik Macedonia yang memerintah kerajaan Ptolemeus di Mesir selama hampir 300 tahun, dari tahun 305 SM hingga 30 SM. Ptolemeus, yang menjabat sebagai salah satu dari tujuh pengawal jenderal Alexander the Great, diangkat sebagai despot dari Mesir setelah kematian Alexander tahun 323 SM. Pada 305 SM, ia menyatakan dirinya Raja Ptolemeus I, kemudian dikenal sebagai penyelamat Soter. Orang Mesir segera menerima dinasti Ptolemaic sebagai penerus firaun Mesir independen.
Keluarga Ptolemeus menguasai Mesir hingga penaklukan Romawi 30 SM. Anggota paling terkenal dari garis keturunan itu adalah ratu terakhir, Cleopatra VII, dikenal untuk perannya dalam pertempuran politik Romawi antara Julius Caesar dan Pompey, dan kemudian antara Oktavianus dan Mark Antony. Cleopatra VII bunuh diri saat penaklukan oleh Roma menandai akhir kekuasaan Ptolemeus di Mesir.

9. Medici Family
Keluarga Medici adalah sebuah keluarga Florentine kuat dan berpengaruh dari abad 13 sampai abad ke-17. Keluarga itu memiliki tiga Paus (Leo X, Clement VII, dan Leo XI), banyak penguasa Florence terutama Lorenzo yang Agung, pelindung beberapa karya seni Renaissance paling terkenal. Seperti keluarga signore lain mereka mendominasi pemerintah kota mereka. Mereka mampu membawa Florence di bawah kekuasaan keluarga mereka, yang memungkinkan untuk sebuah lingkungan di mana seni dan humanisme bisa berkembang.
Mereka memimpin kelahiran Renaissance Italia bersama dengan keluarga besar lainnya signore Italia seperti Visconti dan keluarga Sforza dari Milan, Este Ferrara, dan Gonzaga dari Mantova. Bank Medici adalah salah satu yang paling makmur dan paling dihormati di Eropa. Ada beberapa perkiraan bahwa keluarga Medici adalah keluarga terkaya di Eropa. Dari dasar ini, mereka memperoleh kekuasaan politik awalnya di Florence dan kemudian di Italia dan Eropa yang lebih luas.

10. Capetian Family
Dinasti Capetian adalah keluarga kerajaan terbesar di Eropa. Ini termasuk salah satu keturunan langsung dari Hugh Capet dari Perancis. Raja Spanyol Juan Carlos dan Grand Duke Henri Luksemburg adalah anggota keluarga ini, melalui cabang dari dinasti Bourbon. Selama berabad-abad sebelumnya, Capetians tersebar di seluruh Eropa, yang berkuasa setiap bentuk unit provinsi dari kerajaan ke manors. Selain keluarga kerajaan yang paling banyak di Eropa, juga merupakan salah satu yang paling incest, terutama dalam Monarki Spanyol. Bertahun-tahun telah berlalu sejak monarki Capetian memerintah sebagian besar Eropa, namun mereka masih tetap sebagai raja.
Saat ini dua Monarki Capetian masih memerintah di Spanyol dan Luxemburg. Selain itu, tujuh anggota dinasti monarki diasingkan di Brasil, Perancis, Spanyol, Portugal, Parma dan Dua Sisilia. Anggota keluarga saat ini sah senior Louis Alfonso, Duke of Anjou, yang juga memegang klaim Legitimist ke tahta Perancis. Secara keseluruhan, puluhan cabang dari dinasti Capetian masih ada di seluruh Eropa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s