Serdadu Ambon


KNIL atau Koninklijk Nederlendsche-Indesche Leger merupaan tentara pemerintah HIndia Belanda. Para serdadunya diambil dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Data tahun 1945 menunjukkan bahwa jumlah tentara KNIL 60.000 orang yang terdiri dari beberapa etnis seperti Jawa, Sunda, Ambon, Timor, Bugis dan Mleyu. Dengan komposisi terbesar adalah serdadu Ambon.

Secara keseluruhan jumlah serdadu Ambon satu berbanding lima. Yang menarik adalah serdadu Ambon mendapat perlakuan sangat istimewa dari pemerintah Hindia Belanda. Jika mereka mendapat medali tembaga untuk keberanian dan kesetiannya, mereka mendapat uang tunjangan (toelage) sebesar 10,19 gulden. Sementara serdadu Sunda untuk bintang yang sama hanya mendapat 6, 39 gulden. Jadi ada selisih 3,80 gulden. Sekedar perbandingan pada zaman itu 10 sen bisa membeli 5 kg beras berkualitas bagus.

Profil tentara KNIL yang didominasi orang Ambon

Lebih lanjut Zwisser dan Heshasius menulis buku mengenai KNIL bahwa serdadu Ambon tiap pagi diberikan sarapan kopi, gula dan susu. Sementara golongan lain hanya kopi  dan gula. Bahkan mrereka mendapat tambahan roti gandum dengan mentega dan tambahan lauk pauk. Sebagaimana golongan Eropa. Golongan lain hanya mendapat beras ketan dan wajik.

Kalau bepergian naik kapal KPM (Koninklijk Perketvaart Mastchcapij) serdadu Ambon mendapat tiket kelas 3 A sementara serdadu lain mendapat 3B.

Perlakuan yang demikian membuat orang ambon sangat bangga. Mereka menganggap diri mereka setara dengan orang Belanda dan menamakan diri Zwarte Holanders atu orang Belanda Hitam.

Ini pula merupakan salah sastu faktor kenapa muncul pemberontakan RMS. Orang Ambon yang puas dengan perlakuan Belanda merasa terancam akan kehilangan “tuannya”. Mereka takut dikucilkan karena selama ini dikenal sebagai kaki tangan Belanda.

Referensi: Rosihan Anwar, 2009, Petite Histoir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s