Pengakuan Blogger Malaysia tentang Indonesia


Perseteruan yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia akhir-akhir ini telah menimbulkan ketegangan tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat. Para politisi (anggota DPR) tentu saja memanfaatkan ini untuk mengkritik pemerntah yang dinilai lamban dan tidak tegas dalam menyikapi pelanggaran yang dilakukan oleh Malaysia. Sementara masyarakat pun ikut berbondong-bondong menunjukkan nasionalisme mereka dengan berbagai cara seperti melakukan demonstrasi ke kedutaan Malaysia di Jakarta yang disertai dengan aksi pelemparan.

Perseteruan tak kalah serunya juga terjadi di forum dunia maya. Sejumlah forum Indonesia seperti kaskus pembahasan tersebut juga merupakan topik yang hangat untuk dibicarakan. Bahkan sudah tidak heran lagi jika para “juragan” kaskus dikenal mempunyai pandangan negatif terhadap Malaysia.

Sementara forum Malaysia seperti topix.com juga tak kalah serunya sering menjelek-jelekkan Indonesia. Apa yang dipaparkan dalam forum ini hampir kebalikan dengan apa yang disampaikan dengan forum sejenis di Indonesia.

Kondisi ini menyebabkan kita sulit untuk menilai objektif. Namun diantara perseteruan di dunia maya ini tedapat sebuah pengakuan jujur dari seorang blogger Malaysia. Pengakuan ini disampaikan dalam sebuah laman blog milik Malaysia.

Pada intinya blogger tersebut menyatakan ketidak setujuannya terhadap sikap Malaysia. Dia menilai bahwa pemerintah Malaysia memberikan perlakuan yang tidak adil terhadap pekerja migran–yang jumlahnya mencapai 10 persen dari total populasi Malaysia. Bahkan media Malaysia cenderung memberitakan hal yang negatif terhadap para pekerja migran.

Adanya pengakuan dari blogger Malaysia ini, sekurang-kurangnya memberikan informasi mengenai pandangan jujur warga negara Malaysia terhadap Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s