Makna Kata Penghulu


Dalam adat Minangkabau komunitas adat tertumpu pada suku (klan). Suku atau kaum merupakan abungan keluarga yang berasal dari nenek yang sama dari pihak ibu. Suku dipimpin oleh seorang penghulu suku yang bergelar datuk. Biasanya dalam suatu nagari (setingkat desa sekarang) berdiam dua atau lebih suku. Kepemimpinan nagari dipegang secara kolektif diantara penghulu suku, dimana salah seorangnya ditunjuk sebagai penghulu “andiko” (berasal dari kata sansketa “andhika” artinya utama).

Penghulu merupakan bentuk kepemimpinan masyarakat di Indonesia. Kata penghulu berasal dari kata hulu yang diberikan awal pe. Kata hulu merujuk pada sumber atau awal sebagaimana kata hulu sungai. Sementara awalan pe- merupakan pembentuk kata benda. Jadi penghulu adalah orang yang dituakan untuk menjadi pemimpin.

Kata penghulu memiliki beragam makna dalam masyarakat di Indonesia. Bagi masyarakat Minang kata penghulu identik dengan kepala suku yang memiliki kewenangan untuk mengatur kemenakan dan harta pusaka. Tapi di beberapa tempat kata penghulu bisa memiliki makna yang jauh berbeda. Dalam masyarakat melayu lainnya, kata penghulu biasanya merujuk pada ketua kampong. Dulu kepala kampong tunduk langsung berada di bawah sultan. Berbeda dengan penghulu di Minang yang relative independen dari pengaruh Raja di Pagaruyung. Makna yang jauh berbeda ditemui di Jawa, penghulu identik dengan orang atau pejabat yang berwenang melakukan akad nikah. Di daerah lain biasanya menggunakan kata qadi (hakim) untuk jabatan tersebut.

Ketika zaman colonial Belanda, istilah penghulu juga digunakan untuk menyebut pemimpinan “gerombolan” melayu. Biasanya dalam setiap pertempuran pasukan Belanda membawa serta gerombolan melayu yang bertugas untuk melakukan pekerjaan kasar seperti mengangkut perlengkapan atau logistic prajurit. Kata penghulu juga digunakan untuk menyebut mandor pekerja rodi. Bahkan digunakan untuk menyebut petugas yang menangani komoditas tertentu seperti kopi. Pada zaman Belanda ini, istilah penghulu lebih bernada negative karena merujuk sebagai pejabat atau orang-orang yang diangkat oleh Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s